Jika anda adalah seorang penderita kelumpuhan pada bagian kaki, mungkin anda cukup cepat merasa bosan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terutama saat anda harus ditinggal anggota keluarga lainnya yang harus pergi bekerja atau menjalani pendidikan mereka kompasiana. Namun, bukan berarti anda harus terus sendirian, karena anda bisa saja mencari teman serumah yang sangat lucu dan menyenangkan. Kali ini, kami akan berbagi dengan anda sebuah tips tentang tipe binatang peliharaan yang cocok untuk dipelihara oleh para penyandang disabilitas dengan kondisi kaki yang lumpuh.

1. Kukang

Untuk hewan ini, akan cukup mahal dan anda harus punya izin khusus dari pemerintah untuk bisa memeliharanya secara legal. Namun, apabila anda bisa memelihara hewan ini dan terus menjaga kebersihannya dengan baik, maka anda tidak akan terlalu lelah saat bermain dengan hewan yang satu ini. Selain lambat, hewan ini juga tidak begitu banyak bergerak, sehingga anda tidak perlu khawatir akan kemungkinan bagi si kukang untuk lari dengan kecepatan tinggi untuk kabur dari jangkauan anda. Selain itu, hewan ini biasanya memiliki wajah lucu dengan ekspresi tersenyum yang menggemaskan, dan akan sangat menyenangkan jika anda bisa memelihara kukrang yang masih kecil dan sangat lucu.

2. Hamster

Hewan ini biasanya hanya membutuhkan sebuah kandang kecil. Anda cukup memberikan makanan dan air secara berkala, serta membersihkan kandangnya saat sudah mulai kotor. Namun anda perlu hati-hati jika ingin mengawinkan hamster-hamster anda, karena kecepatan berkembang biak mereka cukup tinggi.

3. Tarantula

Jika anda tidak takut dengan hewan yang menyerupai laba-laba ini, maka anda bisa saja mencoba untuk memeliharanya. Di dunia ini terdapat beberapa tipe tarantula, dan kami sarankan bagi anda untuk memiliki tipe yang pasif, sehingga dia bisa anda sentuh tanpa menyerang anda atau mencoba lari. Terlebih lagi, jika anda memutuskan untuk memelihara hewan ini, jauhkanlah tarantula anda dari jangkauan para semut, karena mereka bisa membunuh tarantula secara berkelompok.

4. Ikan

Seperti yang anda pahami, ikan tidak akan bisa kabur dari akuarium mereka, terutama jika anda menjauhkan mereka dari berbagai sumber air. Peliharalah ikan jika anda ingin merawat hewan yang indah, lucu, dan mudah untuk dirawat. Kami sarankan anda untuk memilih jenis-jenis ikan yang murah dan mudah untuk dipelihara terlebih dahulu, supaya anda dapat terbiasa dengan pemeliharaan mereka sebelum anda mulai merawat ikan-ikan mahal dengan proses perawatan yang lebih rumit dan memakan biaya lebih besar.