Keberadaan gudang bagi orang-orang yang memiliki banyak barang mungkin sangat penting. Bisa jadi Anda adalah salah satu orang yang memiliki banyak barang namun jarang dipakai dan Anda merasa sayang untuk dibuang. Itulah sebabnya rumah-rumah mulai memiliki gudang untuk memisahkan barang yang sering dipakai dan mulai jarang digunakan. Agar penyimpanan semakin rapi, maka dibutuhkan rak gudang agar barang tidak terlihat berantakan. Pengaturan rak gudang ini pun memerlukan trik, sebab jika salah menata barang di gudang, menyebabkan gudang tampak tidak beraturan atau akan kesulitan saat mencari barang yang dibutuhkan.

Menata barang di rak gudang memang tidak mudah. Perlu ketelitian dan kesabaran ketika mengelompokkan barang yang masih sering dipakai dan mulai jarang dipakai. Prinsipnya akan sama seperti mengatur barang-barang di dalam rumah, hanya saja ini diterapkan di gudang. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips mengatur barang di gudang agar tampak lebih rapi

– Prinsip pertama: Apa Saja yang Boleh Disimpan?
Anda harus memahami barang apa saja yang boleh disimpan di gudang. Apabila barang tersebut tidak memiliki tujuan untuk disimpan, maka sebaiknya Anda menyingkirkan barang tersebut. Jika Anda tidak bisa menjawab kapan lagi akan dibutuhkan, meskipun merasa berat, maka sebaiknya menyingkirkannya karena akan membuat gudang tampak penuh.

– Prinsip kedua: Simpanlah Dengan Rapi
Anda mungkin akan tergoda menyimpannya dengan asal-asalan karena merasa akan membutuhkannya dalam waktu dekat. Jika hal itu diterapkan pada semua barang, maka rak gudang Anda akan tampak berantakan. Pada akhirnya Anda akan kesulitan mencari barang tersebut. Oleh karena itu, jangan malas menyimpannya sesuai dengan karakter atau kelompok barang tersebut. Anda juga bisa memberi label pada barang atau kelompoknya untuk memudahkan pencarian di lain waktu. Dengan begini, gudang Anda terlihat lebih rapi.

– Prinsip ketiga: Jangan Malas Membersihkan Gudang
Selama ini gudang dikenal dengan tempat yang gelap, kotor, dan lembab. Parahnya, gudang dapat dianggap sebagai tempat pembuangan sampah sementara yang entah kapan barang-barang tersebut akan dibuang. Melakukan pembersihan gudang secara rutin akan membuat Anda mengetahui barang mana yang sama sekali tidak terpakai sekaligus menciptakan gudang yang bersih dan nyaman.